Saturday 4 November 2017

Belajar mengenal menu setelan dasar di blogger

Jika kita sudah memiliki sebuah blog, tak lengkap rasanya jika sobat belum mengenal settingan dasar-dasar yang ada pada menu setelan di dashboard blogger. Maka dari itu perlu untuk kita mengetahui fungsi-fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard blogger.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah penjelasan tentang pengenalan menu settingan yang harus diketahui oleh para blogger pemula.


Disini sobat akan saya beri penjelasan tentang apa saja fungsi dari menu setelan dasar tersebut

Langsung saja kita ke penjelasannya, wushh......

Setelan dasar blogger

Menu pengaturan dasar pada blogger tentunya harus sobat ketahui dulu sebelum bisa membangun sebuah website yang bagus dan bisa dikatakan menjadi website yang sukses.

Berikut adalah fungsi menu setelan dasar yang harus diketahui oleh semua sobat blogger.


Fungsi menu setelan dasar di blogger

Jika sobat belum mengetahui dimana letak setelan pengaturan dasar blogger, sobat harus melakukan beberapa hal berikut ini :
1. Sobat login dulu ke blogger.com
2. Di dashboard blogger, sobat pilih menu "Setelan"
3. Lalu sobat pilih submenu "Dasar". Perhatikan gambar dibawah ini!

Jadi inilah gambaran dari menu setelan dasar yang ada di dashboard blogger.com dan kita akan membahasnya kali ini

Seperti itulah kurang lebihnya tampilan dari menu Setelan>Dasar.

Langsung saja kita bahas satu persatu fungsinya :

1. Judul
Ini merupakan sebuah fitur yang memegang penuh nama blog sobat. Perlu di ingat! Sebuah judul blog benar benar penting dan berdampak besar kepada SEO, maka buatlah judul yang menarik dan memuat kata-kata yang di targetkan. Jumlah karakter yang direkomendasikan sekitar 54 karakter. Sebuah judul blog jangan terlalu pendek atau terlalu panjang.

2. Deskripsi
Deskripsi ini ialah sebuah fitur yang diterapkan untuk mengontrol deskripsi dari blog sobat. Sama halnya seperti judul blog, sebuah deskripsi sangat amat penting untuk SEO. Buatlah sebuah deskripsi yang menarik yang mengandung kata-kata yang kita targetkan supaya kata-kata itu baik pada search engine. Panjang karakter yang dianjurkan sekitar 160 karakter. Sebuah deskripsi blog jangan terlalu pendek atau terlalu panjang.

3. Privasi
Fitur yang satu ini berfungsi untuk mengontrol privasi sebuah blog. Fitur ini memberikan alternatif atau opsi terhadap sobat apakah blog yang telah sobat buat boleh tercantum di list blogger serta search engine (google) atau jangan. Apabila blog sobat merupakan sebuah blog umum dan boleh di konsumsi oleh umum, karenanya atur supaya dapat tercantum, tetapi jika blog sobat adalah blog privat, maka sobat atur supaya tak tercantum.

4. Alamat Blog
Ini adalah untuk mengatur alamat blog. Blog yang dibuat diblogger ada dua pilihan alamat yang bisa sobat pilih, yaitu menggunakan alamat subdomain blogspot atau menggunakan domain sendiri. Misal, bila menggunakan subdomain blogger, maka alamat blog ini adalah http://blognyamasfebryan.blogspot.com

5. Alamat Penerusan
Fitur ini hanya boleh digunakan ketika blog telah bermigrasi ke URL baru untuk mempertahankan tautan yang dipublikasikan sebelumnya. Jika sobat menghapus blog atau akun, pengalihan tidak akan bekerja lagi.
Penyetelan nilai untuk bidang ini akan mengalihkan semua permintaan ke URL yang dipilih bahkan jika blog sobat bersifat pribadi atau terbatas hanya untuk beberapa pembaca. Tambahkan token {path}, {path_encoded}, {query}, atau {query_encoded} untuk menyisipkan jalur saat ini atau QueryString ke alamat yang dialihkan.

6. Pengalihan HTTPS
Jika Pengalihan HTTPS diaktifkan, pengunjung blog sobat akan selalu menuju ke https://ini-blogfar.blogspot.com.

Jika Pengalihan HTTPS dinonaktifkan, Pengunjung ke http://ini-blogfar.blogspot.com akan dilayani melalui HTTP, sambungan yang tidak terenkripsi. Pengunjung ke https://ini-blogfar.blogspot.com akan dilayani melalui HTTPS, sambungan terenkripsi. 

Seperti itulah fungsi dari Pengalihan HTTPS yang ada di setelan dasar blogger.

7. Penulis Blog
Ini merupakan fitur untuk membatasi penulis blog (author). Sebuah blog bisa memiliki satu atau bahkan bisa lebih dari satu orang penulis. Untuk menambahkan penulis, klik "+tambahkan penulis", lalu tulis alamat e-mail penulis lain yang mau sobat undang

8. Pembaca Blog
Ini merupakan fitur untuk mengontrol siapa saja yang bisa membaca blog sobat. Untuk melakukan perubahan, klik Edit.
Disini ada 3 Opsi :
  • Publik
Kalau tak diubah, blog sobat terbuka untuk seluruh pembaca.
  •   Pribadi - Khusus penulis blog
Blog sobat dikuasai sehingga cuma penulis blog yang bisa membacanya. 
Pengunjung lain ke blog ini tak bisa membaca pos apa bahkan; sebaliknya mereka akan menerima pesan yang mengungkapkan bahwa ini merupakan blog pribadi.
  •   Pribadi - Khusus pembaca ini
Sobat bisa mengatur blog sobat cuma untuk pembaca yang sobat pilih. Tetapi, pembaca tersebut wajib masuk sebelum membaca blog sobat, sehingga memunculkan langkah tambahan. 
Blog akan menaruh daftar pembaca untuk sobat, sehingga sobat bisa beralih kembali kapan saja.

Nah, itu dia beberapa fungsi dari menu setelan dasar yang ada di blogger.com. semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan sobat tentang dunia blogging.

Jadi, keep visit kawan... Dan nantikan artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon