Monday 30 October 2017

Memahami fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard blogger

Memahami fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard blogger. Setelah sobat berhasil membuat blog baru dan berhasil memahami fungsi dari menu-menu yang ada di entri blogger. Selanjutnya yang harus sobat pahami yaitu fungsi menu-menu di dashboard blogger.

Memang penting ya mas buat mengerti menu-menu tersebut?

Ya, menu-menu ini sangat penting untuk dipahami karena dapat memudahkan sobat dalam mengurus dan mengembangkan blog sobat kedepannya.

Menu yang bagaimana sih yang dimaksud?

 Silahkan sobat login ke blogger.com dan masuk ke dashboard blog sobat. Jika sudah masuk ke dashboard, sobat pasti akan menemukan menu-menu seperti dibawah ini :

Jadi inilah fungsi dari kumpulan menu-menu yang ada di dashboard blogger

Seperti itulah kurang lebihnya tampilan menu-menu yang ada di dashboard blog sobat. Terus bagaimana dengan penjelasannya mas? Oke, saya akan menjelaskannya dengan seringkas mungkin agar mudah sobat untuk mengertinya.


Berikut ini penjelasannya

Di bawah ini adalah penjelasan secara lengkapnya tentang menu-menu tersebut.

1. Pos
Menu Pos ini merupakan menu yang digunakan untuk membuat postingan/artikel terbaru yang ingin sobat buat, di menu ini juga terdapat submenu seperti jumlah artikel yang telah terbit, yang masih sobat simpan (draft), ataupun jumlah artikel yang sobat impor.

2. Statistik
Pada menu ini sobat dapat melihat statistik ringkas blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah pv (tayangan laman), jumlah pengikut, jumlah pengunjung perbulan, darimana asal pengunjung sobat, dan masih banyak lainnya.

3. Komentar
Menu ini merupakan menu yang disediakan sobat yang ingin mengontrol jumlah komentar yang masuk di blog sobat, menu ini juga bisa sobat gunakan untuk melaporkan komentar pengunjung yang bisa dianggap spam.

4. Kampanye
Menu ini di khususkan buat sobat yang ingin membuat blog ramai dengan mempromosikannya dengan google adwords, tapi hal ini tidak gratis karena sobat harus mengeluarkan biaya yang bisa dibilang cukup besar.

5. Laman
Menu ini tidak jauh berbeda dengan menu pos, di menu ini sobat bisa membuat dan menampilkan semua daftar halaman statis yang ada di blog sobat. Halaman statis biasanya berisi tentang About blog, Disclaimer blog, Sitemaps blog, dan lain sebagainya.

6. Tata Letak
Di menu ini sobat bisa mengatur tata letak blog sobat seperti mengatur widget dan di menu ini juga sobat bisa menambahkan widget seperti artikel populer, label blog, dan lain sebagainya.

7. Template
Pada menu ini merupakan menu yang digunakan untuk mengganti template atau tema blog sobat. Selain itu sobat juga bisa mengedit langsung pengaturan tema blog sobat melalui mode HTML pada menu ini.

8. Setelan
Menu ini merupakan tempanya pengaturan blog sobat, jika sobat ingin mengganti judul blog, mengganti alamat blog, mengganti deskripsi blog, hingga di menu ini pula sobat bisa menghapus blog. Maka jika sobat ingin mengatur hal tersebut, di menu inilah tempatnya.


Nah, itulah beberapa fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard blogger yang bisa saya jelaskan di artikel ini.

 keep visit in here sobat.. dan nantikan update artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon