Saturday 4 November 2017

Mengenal lebih jauh tentang fungsi dari widget blogger

Mari kita mengenali lebih dalam lagi tentang apa yang dimaksud widget beserta untuk apa kegunaannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa widget adalah gadget atau sebuah menu tambahan yang ada di blogger, sobat juga harus pintar memilah dan memilih gadget apa saja yang pantas untuk digunakan di blog sobat, jangan sampai nantinya widget tersebut malah merusak penampilan blog sobat.


Disini saya akan Mengenalkan lebih jauh tentang fungsi dari widget blogger pada sobat

Beragam widget yang telah disediakan kepada penggunanya oleh platform blog gratisan yang satu ini dengan gratis pula. Blogger sudah membuat yang terbaik untuk para penggunanya dengan menyediakan bermacam widget seperti popular post, archive blog, profil, dan masih banyak lagi.

Banyak juga widget yang sudah tersebar di beberapa situs bloggers yang bersedia telah membagikan widget hasil buatannya sendiri yang berupa kode HTML/Javascript.

Terus, arti widget itu apa mas?


Pengertian Widget

Jadi, widget merupakan sebuah aplikasi yang di pasang pada web atau blog dengan menggunakan beberapa kode.


Kalau fungsinya apa saja mas?

Fungsi Widget 

Widget di blogger itu beragam sobat, jadi fungsinya pun bermacam-macam. Widget blog memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan blog sobat. Misal sobat memiliki blog/situs berita, tentunya sobat membutuhkan widget popular post, untuk menunjukkan artikel populer yang ada di situs/blog sobat.

Jika sobat memiliki situs/blog tentang otomotif dan sudah memiliki ratusan artikel, tentunya sobat perlu memasang widget label dan widget archive blog.


Bagaimana cara memasangnya mas?

Cara memasang widget di blogger

Untuk cara memasang widget di blog sangatlah mudah sobat, karena blogger.com sudah menyediakan banyak widget yang bisa sobat gunakan secara gratis dan mudah untuk diakses para penggunanya
  • Pertama, sobat  login ke blogger.com
  • Pilih menu tata letak/layout
  • Klik pilihan "add gadget" yang ada di dalam menu layout
Cara memasang widget di blogger
  • Selanjutnya sobat tinggal memilih widget mana saja yang cocok untuk kebutuhan blog sobat.


Pertanyaan terakhir mas, apa saja widget default bawaan blogger?

Berikut widget default atau widget bawaan blogger.

Beberapa widget bawaan blogger diantaranya sebagai berikut :

  1. Entri yang diunggulkan - Widget ini adalah widget yang memiliki fungsi untuk menampilkan beberapa artikel unggulan milik sobat.
  2. Penelusuran blog - Widget ini memiliki fungsi sebagai form pencarian pada blog sobat, karena biasanya pengunjung blog lebih suka langsung mencarinya daripada harus membuka halaman blog sobat satu persatu
  3. HTML/Javascript - Untuk widget yang satu ini, memiliki fungsi yang sangat keren, karena sobat hanya perlu memasukkan kode html atau javascript untuk menampilkan sebuah widget yang telah sobat rancang sendiri ataupun kode widget milik orang.
  4. Profil - Seperti namanya, widget ini memiliki fungsi untuk menunjukkan profil dari pengarang kepada pengunjung blog.
  5. Arsip Blog - Kalau widget yang satu ini memiliki fungsi untuk mempermudah pengunjung untuk menavigasi blog sobat dengan tautan ke pos lama.
  6. Header Halaman - Memiliki fungsi untuk menampilkan judul dan deskripsi dari blog sobat.
  7. Gambar -  Widget ini memiliki fungsi untuk menambahkan gambar dari komputer sobat atau dari tautan beberapa website
  8. Label - Widget ini berfungsi untuk menampilkan semua label dari postingan dalam blog sobat.
  9. Dan masih banyak lainnya..
Masih banyak widget default yang disediakan oleh blogger yang bisa sobat pilih untuk melengkapi blog sobat agar terlihat lebih profesional dan lebih menarik. Semua widget tersebut tentunya harus sesuai dengan kebutuhan blog.

Jadi, itulah sedikit review dari pengertian widget, fungsi widget hingga cara memasang widget . Tentunya widget menjadi hal penting yang harus ada sebagai pendukung sebuah blog. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan sobat. 

Sekian~ and keep visit sobat

Artikel Terkait

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon