Tuesday 5 December 2017

Cara menerapkan optimasi SEO On Page di blog

SEO ONPAGE juga biasanya menjadi sebuah hal yang penting dalam optimasi sebuah blog agar blog tersebut kedepannya menjadi lebih baik.
Optimasi SEO On Page - pernahkah sobat mendengar istilah SEO On Page? istilah ini sudah sangat familiar bagi sobat yang menjadi seorang blogger. Karena teknik yang satu ini juga menjadi jurus yang paling ampuh untuk membuat blog menjadi baik di mata search engine. SEO On Page juga biasanya menjadi sebuah hal yang penting dalam optimasi sebuah blog agar blog tersebut kedepannya menjadi lebih baik. Sebelum kita jauh membahas tentang seo onpage, lebih baik kita mengenal dulu apa sih itu seo onpage?

Apa itu SEO On Page?

SEO On Page adalah sebuah optimasi yang dilakukan didalam blog saja atau melakukan optimasi pada setia halaman yang ada di blog. Penerapan teknik seo onpage ini dapat dilihat langsung oleh pengunjung blog sobat. Misal dari penampilan sebuah blog yang seo friendly hingga penjelasan dari isi artikel yang mendalam.

Jadi untuk menerapkan optimasi seo on page di blog, mari saya akan ulas satu persatu.

Cara melakukan optimasi SEO On Page di blog

Agar blog berada di halaman depan mesin pencari, yang perlu sobat lakukan adalah optimasi seo. Seo onpage 70% dan sisanya adalah seo offpage. Dalam melakukan optimasi seo onpage, sobat jangan selalu terpaku untuk membuat tampilan homepage yang menarik. Tapi lebih fokuslah ke konten dan halaman, karena konten artikel lah yang nantinya akan bertengger di halaman depan search engine.

Jadi, untuk melakukan optimasi seo onpage di blog sobat harus mengetahui beberapa poin penting ini terlebih dahulu.
  • Meta Description
  • Title Tag
  • Heading Tag
  • Emphasize
  • Image alt tag
  • Outbound link
  • Konten
  • URL
Oke, langsung saja kita bahas satu persatu dari isi poin poin penting diatas

Jadi inilah penerapan optimasi seo onpage yang sangat penting bagi perkembangan blog di masa mendatang

Meta Description
Hal pertama yang menjadi tolak ukur dari baiknya sebuah website pantas berada di mesin telusur yaitu dari penempatan kata kunci yang relevan atau yang di incar biasanya diletakkan di meta deskripsi artikel. Sangat penting untuk memerhatikan sebuah meta deskripsi sebuah artikel jika ingin menembus page one google.
Meta deskripsi atau Meta description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. 
Dalam memberi Meta Description, panjang maksimal yaitu 160 karakter, jangan mengulang kata lebih dari dua kali dalam meta deskripsi. Sebaiknya letakkan kata kunci yang sobat targetkan dibagian awal deksipsi

Title Tag
Title tag adalah judul artikel yang terletak di bar browser, untuk meningkatkan relevansi pada title tag, maka sobat harus menyisipkan/ meletakan kata kunci yang sobat incar pada title tag.
Dengan adanya Title Tag maka pengunjung bisa mengetahui garis besar dari informasi yang disajikan. Sangat penting untuk mengoptimalkan Title Tag baik itu untuk Judul Blog maupun untuk judul sebuah artikel. Dalam SEO, title tag memainkan peranan yang sangat penting karena title tag sendiri merupakan faktor dasar search engine untuk mengukur relavansi dari keyword yang dicari pengguna.

Heading Tag
Heading Tag adalah tag atau kode HTML untuk mengatur penggunaan Tingkatan Judul pada sebuah Blog. Heading Tag sendiri memiliki 6 tingkatan atau susunan yang dimulai dari <H1> sampai <H6>. Heading <H1> merupakan tingkatan paling besar atau penting, sementara heading <H6> merupakan tingkatan paling rendah. Namun pada umumnya penggunaan Heading Tag pada sebuah blog, hanya digunakan sampai di Heading <H4> saja.
Penggunaan Heading Tag harus sesuai dengan kata kunci yang sobat targetkan pada suatu halaman blog, baik itu halaman Homepage maupun halaman Website. Hal tersebut berguna memberikan informasi penting mengenai kata kunci yang sobat gunakan pada blog atau website milik sobat kepada Robot mesin pencari.

Emphasize
Emphasize biasanya digunakan untuk memberikan bold, italic, underline, dan sebagainya pada kalimat atau kata terpenting pada artikel.

Image alt tag
Apabila sobat ingin membuat konten halaman yang efektif agar supaya menarik pengunjung dan mesin pencari, Yang perlu sobat lakukan adalah memaksimalkan setiap elemen halaman yang sobat buat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alt dan atribut title disetiap sobat membuat halaman. Semua itu berguna untuk meningkatkan tingkat kualitas situs sobat.
Image alt text atau alt tag atau juga alternative text adalah sebuah kalimat singkat yang di berikan pada sebuah image yang dapat berguna dalam situasi tertentu, artinya alt tag akan tetap terlihat jika suatu saat koneksi internet mengalami gangguan atau ada pihak lain yang dengan sengaja menghilangkan image dari blog kita dengan alasan tertentu.

Outbound Link
Outbound Link adalah link dari situs web atau blog kita menuju ke situs lain. Ketika pengunjung mengklik link tersebut, maka visitor tersebut akan meninggalkan situs atau blog kita.  Tapi disisi lain cara yang satu ini sangatlah bagus bagi perkembangan sebuah blog.
Salah satu ciri dari halaman yang relevan itu biasanya suka mengeluarkan link, sobat bisa lihat halaman di wikipedia dan blog besar lainnya, sobat pasti menemukan banyak sekali link keluar dari blog tersebut.
Dengan banyaknya outbound link ini, mencirikan bahwa sobat membuat halaman tersebut semata-mata bukan hanya untuk Search Engine, tapi sobat membuatnya untuk pengunjung.

Konten
Sobat harus bisa membuat pengunjung blog sobat agar bisa betah berlama-lama di blog sobat. Bagaimana caranya? yaitu dengan membuat konten yang berkualitas dan semenarik mungkin. Cobalah sobat membuat sebuah keunikan pada konten yang tak dimiliki oleh blogger lain diluaran sana, atau kata lainnya, milikilah sebuah ciri khas yang tak dimiliki oleh orang lain.

Dalam menulis sebuah artikel, janganlah sobat melakukan hal yang tidak penting seperti melakukan pembukaan artikel yang terlalu panjang sehingga tidak berkaitan dengan isi artikel yang akan dibahas. Dalam penerapan seo onpage pada konten, dalam penerapan pembuatan artikel tidak usah terlalu panjang lebar, yang terpenting ialah sajikan isi konten yang dicari oleh pembacanya.

Dengan konten yang berkualitas dan menarik maka saya menjamin pengunjung akan betah di blog sobat dan hal baiknya para pengunjung blog sobat akan terus menantikan update artikel terbaru dari blog sobat.

URL
URL atau biasa juga disebut permalink merupakan salah satu peran penting juga dalam melakukan optimasi onpage pada sebuah blog. Biasanya kata  kunci juga diselipkan di dalam permalink tersebut. Optimasi permalink merupakan kombinasi dari target-target keyword yang menjelaskan isi dari posting sobat. Makanya judul posting yang sobat buat harus padat, tepat dan mengenai sasaran. Judul link posting yang terlalu panjang akan secara otomatis terpotong dikata-kata terakhir. Ini tentu merugikan sobat pada hasil pencarian di Search Engine karena ketidakutuhan judul posting dan tentunya sobatpun akan kehilangan kesempatan posting sobat muncul di Halaman depan mesin telusur.

Nah, jadi itulah poin poin penting yang harus sobat terapkan dalam optimasi seo on page buat blog sobat. Yang terpenting lakukanlah optimasi buat blog secara sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan atau terlalu over dalam melakukan optimasi buat sebuah blog karena bukannya blog makin baik di mata search engine tetapi malah diabaikan oleh search engine.

Artikel Terkait

1 komentar so far

is Image alt tag effective on on-page seo yet?

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon