Sunday 29 October 2017

Pengenalan fungsi pada menu yang ada di Entri Blogger

Pengenalan fungsi pada menu yang ada di entri bloggerSetelah sobat sudah membuat blog, sobat harus mengoptimalkan blog sobat dengan mengisinya dengan beberapa artikel yang menarik. Tapi sebelum membuat artikel yang menarik, sobat harus tau dulu beberapa fungsi menu yang ada di entri blogger. Nah untuk mengawali postingan kedua dari blog ini, saya akan memberikan penjelasannya secara rinci.


Berikut penjelasannya

Jadi perlu sobat ketahui terlebih dulu apa saja fungsi dari menu-menu tersebut, langsung saja deh saya beri penjelasannya.

Jadi disini saya memandu sobat untuk mengetahui apa saja fungsi dari beberapa tool yang ada di entri blogger

1. Judul Postingan
2. Isi Postingan
3. Format Postingan
4. Kumpulan menu 
5. Label Postingan
6. Jadwal Postingan
7. Permalink/Tautan Permanen
8. Lokasi
9. Deskripsi penelusuran
10. Setelan Postingan
11. Publikasikan
12. Simpan
13. Pratinjau


1. Judul Postingan
Disini adalah tempat untuk sobat mengisinya. Mengisi apa? mengisi judul postingan sobat, dan cobalah untuk membuat judul yang semenarik mungkin.

2. Isi Postingan
Di sini tempatnya untuk sobat mengisi artikel sobat. Perlu diingat jika sobat membuat isi artikel, sesuaikanlah dengan judul artikelnya.

3. Format Postingan
Di menu ini terdapat dua buah format tulisan yang bisa sobat sobat pilih.

  1. Menu Compose : jika sobat masih pemula di dunia blogging, lebih baik sobat memilih menu Compose saat membuat artikel.
  2. Menu HTML : jika sobat sudah mahir di dunia bahasa pemrograman, sobat bisa memilih menu HTML ini, karena di menu ini sobat akan di pertemukan dengan kode-kode dari isi artikel sobat.

4. Kumpulan Menu
Pada nomor 4 ini adalah tempatnya kumpulan menu-menu yang digunakan untuk mengoptimalkan isi artikel sobat. Jika masih bingung dengan fungsi menu-menu tersebut, ayo kita pelajari.

Pada nomor 4 ini adalah tempatnya kumpulan menu-menu yang digunakan untuk mengoptimalkan isi artikel sobat.

a) Undo/Redo : undo berfungsi untuk kembali ke mode sebelumnya, sdangkan Redo berfungsi sebaliknya.
b) Font : menu yang menunjukkan huruf f tersebut merupakan sebuah menu untuk digunakan sebagai tempat pemilihan font/huruf untuk postingan sobat.
c) Besar kecil huruf : di menu yang menunjukkan lambang huruf (T kecil dan T besar) berfungsi untuk mengatur besar kecilnya huruf.
d) Pemilihan mode tag : pada menu ini sobat bisa akan diberi pilihan menu Tag Heading, Subheading, Minor Heading, hingga Normal yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.
e) Bold (B) : di menu ini sobat bisa mengubah gaya teks sobat menjadi Bold / Tebal.
f) Italic (I) : menu ini berfungsi membuat huruf menjadi miring.
g) Underline (U) : berfungsi untuk memberi garis bawah pada sebuah teks.
h) Strikethrough (abc) : berfungsi untuk memberi tanda coret atau strikethrough pada sebuah teks.
i) Teks Color : di menu ini merupakan menu yang digunakan untuk memberi warna buat teks yang sobat buat. Contoh : A
j) Background color : berfungsi untuk memberi warna pada background dari teks yang sobat buat. Contoh : ABCDE
k) Link : berfungsi menambahkan tautan url pada teks yang sobat inginkan, misal sobat membuat kata "Google", sobat harus memblok dulu tulisan Google, kemudian sobat tambahkan link google.com.
l) Gambar : ya, di menu ini fungsinya ialah menambahkan gambar pada sebuah postingan sobat.
m) Video : berfungsi untuk menyisipkan sebuah video dalam artikel yang sobat buat.
n) Emoticon : digunakan untuk menambahkan emoji atau sebuah simbol.
o) Jump Break : berfungsi untuk mempersingkat artikel yang panjang pada halaman depan supaya tidak mengambil ruang terlalu banyak.
p) Alignment : menu ini fungsinya membuat kalimat deretan berada di kiri, di tengah, ataupun di kanan.
q) Number list : berfungsi untuk memberi list nomor pada sebuah teks. Contoh :

  1. Teks Pertama
  2. Teks Kedua
  3. Teks Ketiga
r) Bullet List : fungsinya untuk memberikan list bullet pada sebuah teks. Contoh : 
  • Bullet list pertama
  • Bullet list kedua
  • Bullet list ketiga
s) Quote : fungsinya seperti ini.

ini dia fungsi quote, yaitu memberikan sebuah kotak quote yang menarik sesuai dengan template yang sobat pakai

t) Remove Format : berfungsi untuk memformat teks yang acak-acakan agar lebih rapi.
u) Check speeling (Abc✔): berfungsi untuk menyeleksi teks yang sama.

5. Label Postingan
Label Postingan ini berfungai untuk memberi label/kategori untuk artikel yang sobat buat, agar artikel mudah dicari. Misalnya pada artikel kali ini saya memakai label "Belajar Blog".

6. Jadwal Postingan
Jadwal postingan, seperti namanya saja pasti sobat sudah tau. Benar sekali, fungsi dari jadwal postingan yaitu untuk menentukan jadwal dari postingan tersebut, ada pilihan otomatis (jadwal akan menyesuaikan dengan postingan saat dipublikasikan) dan ada pilihan (setel tanggal dan waktu) yang berfungsi untuk menyetel jadwal postingan akan dipublikasikan agar terlihat lebih teratur.

7. Permalink/Tautan Permanen
Permalink/Tautan permanen yaitu url yang nantinya akan tampil di atas/bar pencarian. Jika sobat ingin menggantinya, sobat tinggal pilih tautan permanen khusus.

8. Lokasi
Berfungsi untuk menentukan lokasi dimana postingan tersebut di publikasikan

9. Deskripsi penelusuran
Pentingkah untuk mengisi deskripsi penelusuran? Sebenarnya untuk form yang satu ini bisa dibilang penting, bisa juga tidak. Tapi sebaiknya sobat mengisi deskripsi penelusuran tersebut, karena dari deskripsi penelusuran tersebut, visitors bisa mengetahui apa isi dari artikel sobat di mesin pencari dengan deskripsi singkat dari artikel sobat.

Yaitu memberitahu apa saja/ringkasan dari keseluruhan artikel blog sobat

Diatas adalah contoh dari hasil kerja deskripsi penelusuran.

10. Setelan Postingan

Di menu ini sobat bisa mengatur apakah artikel sobat bisa di komentari pengunjunag ataupun tidak, hingga pengaturan tag </br> untuk mode html dan enter untuk mode compose.

11. Publikasikan
Jika sobat merasa artikel yang sobat buat sudah betul-betul benar. Sobat tinggal mempublikasikannya dengan mengklik menu Publikasikan.

12. Simpan
Menu ini berguna untuk sobat yang membuat artikel yang panjang, tapi waktu tidak terlalu banyak untuk menyelesaikan artikel tersebut. Maka sobat bisa menyimpannya dulu dengan mengklik menu simpan ini.

13. Pratinjau
Menu pratinjau ini memiliki fungsi untuk mereview dulu artikel yang hendak sobat publikasikan, sebelum mempublikasikan sebuah artikel ada baiknya jika sobat mereviewnya/membacanya dulu dengan memilih menu Pratinjau.

Nah, itulah penjelasan tentang fungsi menu yang ada pada entri blogger. Semoga sobat bisa mengerti apa yang saya jelaskan diatas, walaupun penjelasannya masih berantakan tapi setidaknya sobat bisa mengerti. Masa saya udah bikin artikel panjang lebar kaya diatas tapi sobat gak mengerti, hhe.
 Keep visit in here sobat.. dan nantikan artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon