Wednesday 11 March 2020

Cara mudah memasang widget video Youtube pada sidebar blog

Jika sobat memiliki video yang bagus-bagus dan ingin di tampilkan di blog sobat itu merupakan cara  yang tepat, banyak sekali manfaat yang akan sobat dapatkan jika sobat memasang video youtube sobat di sidebar blog. Selain meletakkan di sidebar, video ini juga bisa dipasang di postingan artikel sobat.

Keuntungan dari widget ini bisa menambah viewer maupun agar channel youtube sobat semakin dikenal oleh pengunjung blog sobat. Apalagi jika topik yang dimuat di video tersebut sama dengan topik yang diulas pada blog sobat.

Tapi kekurangan dari widget ini ialah video tidak bisa berputar otomatis jika pengunjung blog sobat berselancar di blog sobat, tapi video ini akan berputar jika pengunjung blog sobat mengklik tombol play secara manual.

Untuk model atau bentuk widgetnya bisa sobat lihat gambar dibawah ini.

Cara mudah memasang widget video Youtube pada sidebar blog

Manfaat lain dari pemasangan widget ini ialah bisa mempercantik tampilan blog sobat, tapi masalahnya juga bisa malah membuat loading blog sobat jadi melambat.

Tutorial memasang widget video youtube di sidebar

#1 Sobat login ke blogger.com, lalu saat di dashboard blogger, sobat pilih menu Tata Letak.
#2 Tambahkan gadget baru (Gadget HTML/JavaScript), kemudian salin kode dibawah ini lalu pastekan ke gadget HTML/JavaScript yang baru sobat tambahkan tadi.

<div class="separator" style="clear: both; text-align: center;">
<iframe width="320" height="250" class="YOUTUBE-iframe-video" data-thumbnail-src="https://i.ytimg.com/vi/kmMulF1B-Es/0.jpg" src="https://www.youtube.com/embed/u_DlT537gg0?feature=player_embedded" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

CATATAN! Untuk menampilkan video sobat, sobat perlu mengganti u_DlT537gg0 dengan link video youtube sobat. Tetapi yang diambil hanyalah link yang paling terakhir setelah tanda "="

 #3 Nah, terakhir tinggal klik Simpan.

Selamat, kini blog sobat sudah makin tampil cantik dengan adanya widget ini. Untuk membuat para pengunjung blog tertarik untuk memutar video sobat, tampilkanlah video yang berhubungan dengan topik blog sobat. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Trimakasih Informasinya
sangat bermanfaat buat sy :)

Saya pasti membaca semua komentar yang sobat berikan tapi maaf jika saya tidak bisa menjawab satu persatu komentar sobat.
EmoticonEmoticon